Minggu, 15 April 2012

FILOSOFI LOGO


Elemen Estetis Pembentukan Logo
1. Garis
Otto Neurath (1882 – 1945) seorang pengajar dan ilmuwan sosial, yang pertama kali menamakan garis sebagai sebuah elemen sebuah simbol yang mempunyai makna secara khusus.
Gambar bumi terbentuk dari garis vertikal, horizontal dan lengkung.
       -Vertikal     :Stabilitas, kekuatan   atau kemegahan
       -Horizontal : Memberi sugesti   ketenangan
       -Lengkung  : Keanggunan
2. Bentuk
(Gambar Bumi)
Bulat : Filosofi lingkaran untuk kesuksesan, berproses  dari tidak ada menjadi ada
(Gambar Burung Merak)
Elips: sebagai salah satu varian dari lingkaran yang dimodifikasi bermakna bahwa bentuk ini membawa pembaharuan dan kreatifitasan.

3. Warna
- Hijau: Hijau memiliki arti kuat dalam mendukung nama dan tagline, serta memiliki makna yang menurut Surianto Rustan S.Sn ialah: Kecerdasan tinggi, alam, kesuburan, masa muda, keramahan, keseimbangan, kreatif, harmoni dan ketenangan. 

Hijau tua: Warna hijau tua termasuk dalam kelas warna ‘dingin’ dan membawa kesegaran pada mata. Hijau melambangkan kesegaran, kealamian, dan pembaharuan. 

- Chartreuse: Merupakan varian warna hijau yang dimodifikasi.  Chartreuse dibuat dengan ekstrak mermacam-macam jenis tanaman dan menghasilkan warna hijau chartreuse.

- Biru laut: Warna biru merupakan salah satu warna dasar dan melambangkan kepercayaan, keamanan, teknologi, kebersihan, , teguh dan kokoh, serta keteraturan. Warna biru termasuk warna dingin dan membawa ketenangan bagi yang melihatnya.

- Hitam: Hitam melambangakan keanggunan (Elegance), kekuatan, ketegasan kemakmuran (Wealth) dan kecanggihan (Sopiscated). 

- Abu-abu: Menyimbolkan intelektualitas dan teknologi yang tinggi. Warna ini banyak digunakan untuk menggambarkan masa depan. Sebagai warna logam, dan bebatuan mencerminkan jiwa muda yang selalu mengininkan pembaharuan.

MAKNA LOGO SECARA KESELURUHAN

Logo terdiri dari bumi, ombak, dan tulisan ‘BIOTECHFAIR Universitas Al Azhar Indonesia’. Pada gambar bumi terlihat Indonesia sebagai fokusnya yang mengisyaratkan bahwa Indonesia sebagai jantung dunia yang tepat terletak di aris katulistiwa dan menandakan bahwa Indonesia adalah negara yang penting dan unik. Selain karena diapit dua buah benua, namun juga karena Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang membuatnya semakin kaya akan keanekaragaman hayatinya.

Selain terlihat seperti merak, pada gambar ekor burung merak tersebut juga melambangkan ombak lautan. Biodiversity yang terdiri dari hewan dan tumbuhan dapat terlihat dari gambar burung merak sebagai represent dari hewan dan kayu dari tumbuhan. Seperti halnya yang kita ketahui bahwa keanekaragaman hayati terdiri dari ekosistem akuatik dan terestrial (darat). Sehingga ekosistem akuatik di-represent oleh ombak lautan dan ekosistem terestrial oleh tulisan ‘BIOTECHFAIR’ yang berbentuk kayu pohon. 





ü
üH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar